April 9, 2020 4 Cara Mengelola Bisnis dari Rumah di Tengah Wabah Virus Corona

4 Cara Mengelola Bisnis dari Rumah di Tengah Wabah Virus Corona

Di tengah-tengah mewabahnya virus Corona (Covid-19) banyak membuat banyak orang memilih untuk berdiam di rumah dan menjauhi tempat keramaian. Begitupun dengan beberapa perusahan yang sudah memulai menerapkan skema bekerja dari rumah (Work From Home) kepada karyawannya untuk meminimalkan penularan Covid-19. Bagi Anda yang memiliki bisnis di bidang apa saja pasti memiliki pengaruh negatif yang besar dari bencana virus ini.

Mengutip dari Entrepreneur, Senin (23/3/2020), ada empat hal yang dapat Anda lakukan untuk mengelola bisnis Anda agar tetap berjalan di tengah mewabahnya Covid-19.

1. Menjelaskan

Apabila Anda seorang pemimpin atau manajer bisnis, Anda harus menjelaskan tujuan dan peran pekerjaan kepada seluruh tim. Manajer harus memastikan bahwa setiap individu memahami skenario saat ini, apa yang terjadi hari ini, di masa depan, misi dan visi tim, tujuan dan target bisnis bagi segmentasi pasar Anda. Kejelasan bisnis secara keseluruhan akan menghasilkan kinerja yang lebih baik dan dapat meningkatkan motivasi terhadap pekerjaan. Baca juga: Apindo Bantah RS Swasta Tolak Pasien Corona karena Urusan Bisnis

2. Komunikasi

Komunikasi dianggap sebagai salah satu elemen paling penting untuk kesuksesan sebuah tim. Hal ini akan sangat menjadi penting ketika bekerja dari jarak jauh. Kominikasi sangat membantu dalam hal pengambilan keputusan dan menjangkau anggota untuk kerja efektif dari proses bisnis internal yang baru diubah dan disesuaikan.

3. Menghubungkan

Untuk mengatasi tantangan ini sudah saatnya untuk interaksi pribadi. Karyawan yang bekerja dari rumah kemungkinan besar merasa tersisih dan mengalami diskriminasi yang menurunkan efisiensi dan komitmen. Kuncinya adalah mendengarkan karyawan, memercayai dan memberi mereka rasa hormat menggunakan keterbukaan selama panggilan komunikasi dan menanyakan mereka tentang kesehatan mereka. Selain mereka merasa mendapat perhatian khusus ini juga dapat menghasilkan kerja yang efektif. Baca juga: Dampak Wabah Corona, Gojek Hentikan Sementara Cicilan dari Mitra Pengemudinya

4. Hal yang harus segera dilakukan

Anda harus memastikan semua karyawan memiliki akses ke teknologi yang diperlukan. Mulai dari siapa yang memiliki akses ke internet dan laptop, bagaimana jadwal kehadiran dan waktu dikelola hingga banyak lainnya. Anda harus mampu mensejajarkan diri Anda dengan perubahan dan berperilaku menuju cara pengelolaan hari yang terorganisi dengan baik. Sebagai seorang manajer, Anda perlu menanyakan kepada rekan kerja Anda apa yang dapat mereka lakukan untuk memastikan bahwa transisi yang tiba-tiba dan cepat . Karyawan yang bekerja dari rumah pasti akan bertanya bagaimana kondisi perusahaan, apakah mereka akan mendapat gaji tepat waktu dan banyak hal yang ditakuti lainnya. Anda harus terus memastikan mereka bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “4 Cara Mengelola Bisnis dari Rumah di Tengah Wabah Virus Corona”, https://money.kompas.com/read/2020/03/23/083800426/4-cara-mengelola-bisnis-dari-rumah-di-tengah-wabah-virus-corona?page=all.
Penulis : Elsa Catriana
Editor : Erlangga Djumena

Tinggalkan Balasan

Dapatkan Diskon Rp100.000!  Cukup dengan masukkan kode kupon : ATOMEAJA