Februari 13, 2022 7 Fakta Maluku Utara, Provinsi Paling Bahagia di Indonesia yang Jarang Diketahui

7 Fakta Maluku Utara, Provinsi Paling Bahagia di Indonesia yang Jarang Diketahui

Maluku Utara

Badan Pusat Statistik (BPS) baru-baru ini menetapkan Maluku Utara sebagai provinsi paling bahagia di Indonesia tahun 2021. Melalui melalui Indeks Kebahagian 2021, Maluku Utara yang memiliki skor 76,34 yang lebih tinggi dari seluruh provinsi di Indonesia.

Adapun pendekatan yang digunakan dalam menentukan Indeks Kebahagian 2021 ini adalan kepuasan hidup, afeksi (perasaan), dan eudaimonia (makna hidup).

Menjadi kota dengan Indeks Kebahagian tertinggi, ini sederet fakta tentang Provinsi Maluku Utara.

1. Merupakan Provinsi Baru Sebelumnya Maluku Utara yang menjadi bagian dari Provinsi Maluku, yaitu Kabupaten Maluku Utara dan Kabupaten Halmahera Tengah. Baru pada tanggal 4 Oktober 1999, Provinsi Maluku Utara akhirnya resmi berdiri. Hal ini ditetapkan melalui UU RI Nomor 46 Tahun 1999 dan UU RI Nomor 6 Tahun 2003. Pada awal berdiri ibu kota terletak di Ternate, namun kemudian pada 4 Agustus 2010 ibu kota kemudian berpindah di Sofifi. 2. Kepadatan Penduduk Rendah Melansir laman BKPM Provinsi Maluku Utara, luas wilayah totalnya adalah 145.801,10 km persegi, yang terdiri dari luas lautan 69,08 persen dan luas daratan 30,92 persen. Berdasarkan Sensus Penduduk (SP) Tahun 2013 berjumlah 1.114.897 jiwa. Hal ini membuat tingkat kepadatan penduduk mencapai 24,74 jiwa/km2 atau cenderung rendah.

3. Memiliki Pulau yang Belum Dihuni Sebagai daerah kepulauan Provinsi Maluku Utara terdiri dari pulau-pulau utama berukuran besar dan juga pulau-pulau kecil. Total jumlah pulau di Provinsi Maluku Utara adalah sebanyak 805 buah pulau. Dari keseluruhan pulau yang ada baru sekitar sekitar 82 pulau yang dihuni. Sementara jumlah pulau yang tak berpenghuni masih banyak mencapai 723 pulau.

4. Punya Maldives versi Indonesia Provinsi Maluku Utara juga punya destinasi wisata yang disebut sebagai Maldives versi Indonesia. Pulau Morotai di Provinsi Maluku Utara memang memiliki keindahan dan telah ditetapkan menjadi destinasi wisata unggulan di Indonesia bagian timur. Keindahan garis pantai dengan air laut yang biru dan jernih bisa memanjakan wisatawan yang bisa menikmati keindahannya tanpa perlu jauh-jauh ke luar negeri.

5. Komoditas Utama dari Hasil Alam Lokasi Provinsi Maluku Utara yang strategis membuat sebagian masyarakatnya memiliki mata pencaharian dengan mengolah hasil sumber daya alam. Masyarakat Provinsi Maluku menggantungkan pemasukannya dari bidang perkebunan, perikanan dan pertambangan. Beberapa komoditas utama Provinsi Maluku Utara antara lain Kopra, Buah Pala, Cengkeh, Perikanan, Emas, dan Nikel.

6. UMP Meningkat Melansir laman RRI, pada tahun 2022 ini UMP Maluku Utara juga mengalami peningkatan sebesar 5,17 persen. UMP ini naik sebesar Rp140.701 dibanding besaran UMP tahun 2021 yaitu dari Rp2.721.530 menjadi Rp2.862,231. Ditetapkan berdasar Keputusan Gubernur Maluku Utara Nomor 409/KPTS/MU/2021 tertanggal 17 November 2021, besaran UMP ini juga memastikan tenaga kerja di Maluku Utara mendapat upah sesuai ketentuan pemerintah pusat.

7. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat Melansir laman resmi BPS, pembangunan manusia dari Maluku Utara mengalami peningkatan selama tahun 2021. Peningkatan IPM tahun 2021 sebesar 68,76 atau tumbuh 0,39 persen dari tahun sebelumnya meliputi semua dimensi, baik umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan, dan standar hidup layak.

Sumber: malutprov.go.id  rri.co.id  bpkp.go.id  malut.bps.go.id 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

0
    0
    PESANAN SAYA
    Troli KosongMau Belanja
      Masukkan Voucher
      Minta Gambar-gambar Produk Khusus Dengan Harga Grosir Untuk Jadi Reseller? Orderan Bisa Dikirim Dengan Nama Tokomu ke Pelangganmu.
      This is default text for notification bar