Oktober 4, 2021 Taman Mangrove Sofifi, Pesona Panorama Alam & Hutan Bakau di Maluku Utara

Taman Mangrove Sofifi, Pesona Panorama Alam & Hutan Bakau di Maluku Utara

Taman Mangrove Sofifi

Hutan Mangrove menjadi salah satu potensi tempat wisata alam yang banyak dikembangkan di berbagai daerah, termasuk Sofifi, ibukota Maluku Utara. Objek wisata yang diberi nama Hutan Mangrove Guraping Sofifi ini menyajikan pemandangan mangrove sejauh mata memandang. Tertarik berkunjung?

Taman Mangrove bisa menjadi salah satu destinasi wisata alam di wilayah Sofifi, Maluku Utara. Sebagaimana namanya, di sini anda akan menjumpai banyak pohon mangrove sejauh mata memandang yang bisa anda nikmati dari sebuah jembatan kayu yang melintasi hutan mangrove. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak ulasan lengkap di bawah ini!

Sekilas Tentang Taman Mangrove Sofifi

Taman Mangrove Sofifi juga dikenal dengan nama Hutan Mangrove Guraping karena lokasinya yang berada di pinggir Teluk Guraping. Hutan mangrove ini ditumbuhi dengan tumbuhan bakau yang lebat yang bisa anda nikmati melalui jembatan kayu. Wisata mangrove ini termasuk salah satu destinasi unggulan di Sofifi, ibukota Maluku Utara.

Meski Sofifi merupakan ibukota, namun tempat ini bisa dibilang masih minim fasilitas dan sarana umum. Akan tetapi, hutan mangrove ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika anda takut untuk mencoba wisata lainnya, seperti snorkeling. Hutan Mangrove Guraping Sofifi berdiri di atas lahan seluas 400 hektar dengan pemandangan teluk dan pegunungan.

Tempat ini sangat cocok bagi anda yang suka jalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan alam yang disajikan. Anda cukup berjalan menyusuri jembatan kayu yang sudah dibangun melintasi hutan mangrove sembari menikmati pemandangan tumbuhan bakau sejauh mata memandang. Ketika masuk gerbang, anda langsung disambut dengan deretan tumbuhan bakau.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Mangrove

1. Pemandangan yang Alami

Daya tarik utama dari objek wisata alam hutan mangrove Sofifi ini adalah pemandangan yang sangat alami berupa tumbuhan bakau sejauh jalan dan mata memandang. Melalui jembatan kayu yang disediakan oleh pengelola, anda benar-benar menyusuri hutan mangrove dari ketinggian.

Tumbuhan hijau akan menyapa di sepanjang perjalanan anda melintasi tumbuhan bakau yang ada di sini. Bagi anda yang suka dengan nuansa hutan semacam ini, hutan mangrove Sofifi bisa menjadi tujuan wisata yang cocok untuk anda. Selain menyusuri hutan, anda juga bisa menikmati pemandangan hutan dari atas ketinggian melalui menara kayu.

Dari atas menara ini, anda akan melihat luasnya hutan mangrove dengan pegunungan di seberang dan pemandangan teluk. Selain itu, hutan ini juga memiliki koleksi 9 jenis tanaman bakau. Informasi tentang tanaman bakau ini bisa anda temukan di papan yang ada di beberapa sudut jalan.

2. Udara yang Segar

Fungsi dari hutan mangrove selain mencegah abrasi air laut adalah untuk menghasilkan udara yang segar dan bersih. Anda akan merasakan kesejukan udara saat melintasi hutan, namun pastikan tidak berkunjung saat hari terik karena di sini cukup panas dan tidak terdapat atap pelindung. Udara yang segar tersebut sangat baik untuk anda manfaatkan sebagai penyegar diri.

Tidak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini untuk refreshing setelah sibuk dengan berbagai pekerjaan. Dengan mengunjungi objek wisata alam yang menyajikan keindahan dan kesejukan alam, tubuh juga bisa merasa lebih segar dan lebih bersemangat untuk melanjutkan kegiatan di esok hari.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Taman Mangrove Sofifi ini terletak di Pulau Halmahera, tepatnya di pinggir Teluk Guraping, Sofifi, Maluku Utara. Untuk mencapai lokasi wisata mangrove ini, anda bisa menggunakan kapal ferry atau speed boat (kapal cepat) dari Ternate menuju Sofifi. Dengan menggunakan kedua transportasi tersebut, perjalanan anda akan terasa lebih indah.

Pasalnya, di sepanjang perjalanan anda akan melihat hamparan laut Maluku Utama yang indah dengan pegunungan yang berjejer. Setelah tiba di lokasi hutan mangrove, anda juga akan disuguhi dengan panorama tumbuhan bakau yang berpadu dengan pegunungan dan teluk yang indah.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Saat tiba di taman mangrove ini, anda akan disambut oleh gapura selamat datang yang terbuat dari kayu, begitu pula dengan jembatannya. Sekitar 50 meter dari gerbang tersebut, anda akan menjumpai loket pembayaran di sebelah kanan dan di sinilah tempat anda membayar tiket masuk Hutan Mangrove Guraping Sofifi.

Biaya yang perlu anda bayarkan yaitu Rp 5 ribu untuk orang dewasa dan Rp 2,5 ribu untuk anak-anak. Harga yang sangat terjangkau, bukan? Apabila anda ingin berkunjung ke sini, pastikan anda datang pada pukul 08.00 hingga 18.00 WIT karena objek wisata ini beroperasi selama jam tersebut.

Kegiatan yang Dilakukan Menarik di Taman Mangrove

1. Mempelajari Tumbuhan Bakau

Sama halnya dengan tumbuhan pada umumnya, bakau juga memiliki beberapa jenis dan di Hutan Mangrove Sofifi ini tercatat ada 9 jenis tumbuhan bakau. Informasi tentang tumbuhan bakau ini bisa anda peroleh di papan yang memuat informasi tersebut. Papan-papan ini terletak di beberapa sudut jalan agar mudah ditemukan oleh para pengunjung.

Dari informasi tersebut, setidaknya anda bisa mengetahui jenis tanaman bakau yang tumbuh di Taman Mangrove Sofifi. selain berperan sebagai objek wisata alam, hutan mangrove di Sofifi ini juga memegang peran sebagai wisata edukasi untuk para pengunjung. Dengan demikian, semakin banyak orang yang paham tentang pentingnya tumbuhan bakau untuk mencegah abrasi laut.

2. Menikmati Keindahan Hutan Mangrove

Taman wisata hutan mangrove tentu saja menyajikan keindahan hutan mangrove yang membentang sejauh mata memandang. Anda bisa menyusuri jembatan kayu yang membelah hutan untuk menikmati pemandangan ini. sembari berkeliling, anda juga bisa mengambil gambar dengan latar belakang tumbuhan bakau.

Di sini juga terdapat menara yang terbuat dari kayu yang lebih tinggi daripada tanaman bakau. Dari menara ini anda bisa melihat pemandangan hutan mangrove yang berpadu dengan pegunungan dan Teluk Guraping. Pastikan anda tidak melewatkan untuk menaiki menara ini.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Mangrove Sofifi

Sebagai tempat wisata, Hutan Mangrove Guraping Sofifi juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan memudahkan dan meningkatkan kenyamanan pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya toilet, warung makan, tempat sampah, dan beberapa petunjuk seputar tanaman bakau yang tumbuh di hutan mangrove ini.

Di beberapa sudut jalan telah disediakan tempat sampah yang bisa anda gunakan untuk membuang sampah jika anda membawa makanan ke dalam kawasan hutan mangrove. Oleh sebab itu, jangan sampai membuang sampah sembarangan, apalagi sampai mengotori kawasan hutan mangrove yang akan menjadi pemicu pencemaran di wilayah lindung ini.

Warung yang ada di sini bisa anda manfaatkan jika anda merasa lapar atau sekadar ingin merasakan makanan yang dijual di sini. Seiring dengan berjalannya waktu, fasilitas yang tersedia di Hutan Mangrove Guraping Sofifi ini terus ditingkatkan untuk menjaga kenyamanan para pengunjung yang datang.

Jika anda sedang berkunjung ke Maluku Utara, jangan sampai kelewatan untuk mampir ke Hutan Mangrove Sofifi yang ada di pinggir Teluk Guraping ini. Pasalnya, taman mangrove ini menjadi salah satu destinasi wisata wajib jika anda berkunjung ke Sofifi, Maluku Utara.

Sumber : https://www.celebes.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0
    0
    PESANAN SAYA
    Troli KosongMau Belanja
      Masukkan Voucher