September 25, 2021 Pesona Pulau Dodola, Sepotong Surga Tropis nan Cemerlang di Maluku Utara

Pesona Pulau Dodola, Sepotong Surga Tropis nan Cemerlang di Maluku Utara

Pulau Dodola

Sudah pernah mendengar tentang Pulau Dodola? Pulau tak berpenghuni ini berada di provinsi Maluku Utara, tepatnya di sisi barat daya pulau Morotai. Cuma sebuah pulau mungil, tapi pesonanya tak bisa dipungkiri. Justru ukurannya itulah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan dan pecinta fotografi.

Biasanya, Pulau Dodola menjadi salah satu tujuan island hopping untuk menjelajah pulau-pulau kecil di sekitar pulau Morotai. Seperti apa keindahan Pulau Dodola? Fasilitas apa saja yang ditawarkannya?

 

Pulau Dodola Besar dan Kecil yang Terhubung Jembatan Pasir

Ada dua pulau di Dodola yang bisa dieksplorasi keindahannya. Pasalnya, Pulau Dodola terbagi menjadi dua kawasan, yaitu Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Keduanya sama-sama punya pasir pantai berwarna putih cemerlang. Pasirnya pun halus seperti tepung.

Uniknya, jalur pasir putih di antara Pulau Dodola Besar dan Dodola Kecil terhubung satu sama lain. Ketika air laut sedang surut, wisatawan bisa mengunjungi keduanya dengan mengikuti alur pasir putih yang mengular menghubungkan kedua pulau. Jika dilihat dari atas, bentangan pasir putih yang memisahkan kedua pulau tampak bagaikan jembatan yang membelah samudera.

Buat mencapai Dodola, perjalanan yang harus ditempuh cukup panjang. Setelah perjalanan udara ke Ternate, wisatawan masih harus naik pesawat lagi ke pulau Morotai. Bisa juga menggunakan kapal dengan waktu tempuh 10-12 jam. Lepas dari Morotai, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke Dodola dengan speedboat atau perahu nelayan.

 

Keindahan Tropis di Bawah Permukaan Laut

Indonesia bagian timur adalah surganya aktivitas underwater, tak terkecuali pulau Dodola. Selain bisa main air dan pasir, wisatawan harus menyempatkan snorkeling atau diving saat liburan ke pulau ini.

Pada beberapa titik penyelaman yang ada di sekitar pulau Dodola, Anda juga bisa bercengkerama dengan para hiu dan fauna bawah laut lainnya yang lucu-lucu.

Kalau dulu wisatawan hanya bisa datang ke pulau Dodola tanpa bisa menginap, maka sekarang para pengunjung dapat menyempatkan menginap di beberapa homestay yang tersedia. Kondisinya memang masih sederhana, namun cukup layak sebagai tempatmu bermalam di pulau cantik ini.

Jika tak ingin menginap di homestay, wisatawan sebetulnya dibolehkan juga bermalam menggunakan tenda. Tapi, tentu saja perlengkapan camping harus dibawa sendiri. Pasalnya, pengelola Pulau Dodola belum menyediakan jasa penyewaan tenda dan sejenisnya.

Reporter: Anif Fathul Amin
Sumber: Diadona.id [tsr]

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0
    0
    PESANAN SAYA
    Troli KosongMau Belanja
      Masukkan Voucher