September 20, 2021 Cerita dari Langit Wangogira Tobelo, Saat Padi Tumbuh Liar Tak Ditanam

Cerita dari Langit Wangogira Tobelo, Saat Padi Tumbuh Liar Tak Ditanam

Padi Tumbuh Liar

Ini adalah cerita Wangogira. Kisah warga pedalaman yang masih mempertahankan tradisi. Desa yang terkenal dengan kualitas padinya ini merupakan sebuah desa yang meski memiliki jarak yang jauh dari perkotaan, tak pernah sepi dengan aktivitas. Aktivitas menanam padi menjadi sumber pencarian utama warga Wangogira.

Desa Wangogira terletak di kecamatan Tobelo Barat, Kabupaten Halmahera Utara. Desa ini dikenal dengan tanaman padi yang tumbuh di aliran sungai. Namun tidak diketahui siapa yang menanam padi tersebut. Padi-padi ini tumbuh dengan sendirinya di tanah subur Wangogira, sebagai bentuk berkah dari yang kuasa. Padi yang tumbuh di aliran sungai ini digunakan masyarakat adat Tobelo Dalam sebagai petunjuk kualitas panen mereka. Mereka akan mulai menanam setelah padi-padi di aliran sungai tersebut telah tumbuh subur.

Tidak hanyak dinikmati warga setempat, desa yang indah dan asri ini ikut menarik perhatian wisatawan. Wisatawan yang datang ingin menikmati suasana pedesaan yang indah dengan sungai-sungai yang mengalir. Warga setempat juga sangat ramah dan terbuka dengan para wisatawan.

Desa ini berjarak 54 km dari kota Tobelo. Melihat tradisi yang kental di sini akan membuat lelah Anda terbayarkan setelah berjalan jauh. Salah satu tradisi yang masih dipertahankan warga seniornya adalah memanjangkan jenggot.

Sumber : https://www.liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0
    0
    PESANAN SAYA
    Troli KosongMau Belanja
      Masukkan Voucher