September 7, 2021 Populasi Penutur Bahasa Daerah di Maluku Utara Menurun

Populasi Penutur Bahasa Daerah di Maluku Utara Menurun

Kantor Bahasa Maluku Utara

Banyak bahasa daerah di Indonesia yang sudah terancam punah, termasuk Maluku Utara. Masalahnya adalah semakin menurunnya populasi para penutur bahasa daerah.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Bahasa Maluku Utara, Syarifuddin, saat ditemui di ruangannya, Jumat (22/2). Menurutnya, beberapa penelitian sudah dibuat dan ada temuan, satu-dua bahasa daerah di Maluku Utara (Malut) yang terancam punah. “Ada beberapa prediksi pakar, satu atau dua bahasa terancam punah, tapi menurut pemahaman saya, beberapa bahasa yang dimaksudkan itu belum punah. Hanya populasi penuturnya yang sudah menurun,” ujarnya.Syarifuddin bilang, masalah tersebut berkaitan dengan kajian vitalitas. Namun, ia mengaku, belum melakukan kajian ke arah sana, sehingga belum dapat memastikan tingkat kepunahan bahasa daerah di Maluku Utara. “Hal itu berkaitan kajian vitalitas, kami belum melakukan untuk itu, jadi kami belum bisa memberikan kepastian daya tahan hidup sebuah bahasa yang ada di sini,” katanya.

Meski begitu, Syarifuddin mengaku, bahasa daerah Maluku Utara masih aman dan cukup baik. Ia optimis, ada beberapa penutur yang masih ada dan masih terus menggunakannya. Baru pada tahun ini, Kantor Bahasa Maluku Utara mulai melakukan kajian atau pemetaan, sekaligus menjalankan program yang berkaitan dengan strategi menjaga daya tahan bahasa daerah.Syarifuddin menambahkan, strategi mempertahankan sebuah bahasa adalah dengan menjaga populasi para penutur. Bahkan, ia mengaku, sedang melakukan proses pendokumentasian, seperti penelitian, pengkajian, dan penyusunan. Langkah tersebut, dijelaskan, akan diikuti dengan upaya memodernkan bahasa, seperti penyusunan kamus, memerhatikan aspek bahasanya, bahkan pembuatan materi muatan lokal bahasa daerah. “Program itu disebut pendokumentasian, seperti penyusunan kamus dan materi muatan lokal bahasa daerah,” katanya.

Sumber : kumparan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0
    0
    PESANAN SAYA
    Troli KosongMau Belanja
      Masukkan Voucher
      Minta Gambar-gambar Produk Khusus Dengan Harga Grosir Untuk Jadi Reseller? Orderan Bisa Dikirim Dengan Nama Tokomu ke Pelangganmu.
      This is default text for notification bar