Agustus 25, 2021 Indahnya Pulau Pastofiri, Pulau Tanpa Pasir di Halmahera Barat

Indahnya Pulau Pastofiri, Pulau Tanpa Pasir di Halmahera Barat


Pulau Pastofiri

Pulau Pastofiri – Keindahan Kabupaten Halmahera Barat di Maluku Utara memang tak ada habisnya. Salah satu daerah di Indonesia Bagian Timur ini selalu ada memberikan kejutan yang siap membuatmu kagum dan terpesona.

Pulau Pastofiri adalah salah satu pulau di Halmahera Barat yang indah dan cantik menawan. Hamparan karang mati menjadi ciri khas dan pembeda dari pulau ini. Tidak ada pasir putih dan lembut di kaki untuk berpijak.

Pastofiri sendiri artinya adalah pasir yang berlari. Demikian menurut penuturan warga lokal di sekitar sana.

Walaupun tidak memiliki hamparan pasir, tidak mengurangi sedikit pun keelokan pulau ini. Selalu ada hal menarik lain yang bisa dinikmati kalau kamu berkunjung kemari.

Pulau dengan luas tidak lebih dari 1 km persegi ini terletak berjejer di antara Jailolo (ibu kota Kabupaten Halmahera Barat) di Pulau Halmahera dan Kota Ternate di Pulau Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Untuk bisa sampai di pulau kecil ini, kamu dapat menuju dermaga Pelabuhan Jailolo untuk memulai perjalanan. Kemudian, sambung perjalanan dengan menyewa speedboat atau kapal cepat untuk sampai ke tempat ini.

Bisa juga menyeberang dari desa Tataleka dan desa Tauro.

Saat kamu tiba, pemandangan daratan yang tersusun dari kepingan karang mati menjadi suguhan pertama.
Pulau Pastofiri sendiri terbentuk dari gundukan karang mati yang terbawa oleh arus. Jadi, jangan lupa memakai alas kaki, ya.

Dari ini, kamu bisa melihat secara jelas pemandangan Gunung Gamalama, Pulau Tidore, Pulau Halmahera. Juga tempat lainnya di sekelilingmu yang begitu memesona.

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu pulau tanpa melakukan aktivitas wisata bahari. Di sini kamu bisa menyelam atau snorkeling.

Perlu kamu ketahui, Pulau Pastofiri ini adalah salah satu titik penyelaman terbaik di Halmahera Barat.

Kamu dapat melihat betapa beningnya air laut di sekitar pulau. Air lautnya sejernih kaca atau kristal. Sinar matahari bisa menembus sampai kedalaman delapan meter.

Snorkeling atau menyelam ke kedalaman, kamu akan disguhukan dengan aneka ragam terumbu karang dan ikan berwarna-warni.

Pulau Pastofiri belum banyak dijamah oleh wisawatan. Namun kamu akan mendapati fasilitas tersedia, seperti toilet dan tempat berteduh (gazebo).

Yang perlu kamu bawa adalah makanan dan minuman secukupnya. Karena kamu tidak akan menemui penjual makanan dan minuman.

Menurut kabar di berbagai media, pemerintah setempat sedang berupaya untuk menanam lebih banyak tanaman ketapang di pulau. Tujuannya agar ada tempat berteduh bagi para pengunjung.

Selain duduk-duduk, rebahan, snorkeling dan diving, menyaksikan matahari terbenam dari sini adalah sebuah hiburan yang akan memberikan kenangan indah.

Dikelilingi oleh pemandangan indah di sekitar, hembusan angin sore;, ditambah dengan indahnya sunset, membuat momen liburan di sini tak akan pernah terlupakan.

Keindahan Pulau Pastofiri begitu luar biasa. Oleh karena itu, tidak ada salahnya utnuk mencoba berlibur ke destinasi yang satu ini. Pastikan kamu tetap memelihara dan menjaga keindahan kawasan ini, ya. Selamat traveling!

Sumber : https://genpi.id/indahnya-pulau-pastofiri-pulau-tanpa-pasir-di-malut/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0
    0
    PESANAN SAYA
    Troli KosongMau Belanja
      Masukkan Voucher
      Minta Gambar-gambar Produk Khusus Dengan Harga Grosir Untuk Jadi Reseller? Orderan Bisa Dikirim Dengan Nama Tokomu ke Pelangganmu.
      This is default text for notification bar