Juni 3, 2021 BI Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional Lewat Sektor UMKM Malut

BI Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional Lewat Sektor UMKM Malut

Produk Olahan UMKM Malut

KBRN, Ternate: Dalam rangka meningkatkan kontribusi nyata Bank Indonesia dalam mendorong bangkitnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai kekuatan baru perekonomian nasional dan sebagai wujud sinergi dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Gerakan Berwisata Indonesia yang diusung Pemerintah Indonesia, Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Maluku Utara kembali menyelenggarakan event Karya Kreatif Indonesia (KKI) Tahun 2021, Seri I secara daring yang dipusatkan di ruang Maitara Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Maluku Utara (03/3/21).

Kegiatan yang mengusung tema “Eksotisme Lombok” tersebut turut dihadiri Gubernur Maluku Utara yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku Utara (Malut), Samsuddin A. Kadir, Ketua Dekranasda Provinsi Maluku Utara, Hj. Faonia Djauhar Kasuba, Ketua DPRD Provinsi Maluku Utara, Kuntu Daud., Plh. Wali Kota Ternate, Kepala SKPD Provinsi Maluku Utara, serta pengurus Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD).

Dalam sambutan Gubernur yang disampaikan oleh Sekda Malut Samsuddin A. Kadir mengatakan, hadirnya pelaku UMKM di Maluku Utara tidak hanya memberikan keuntungan bagi pemilik usaha saja, akan tetapi keberadaan UMKM juga membuka peluang lapangan kerja bagi masyarakat, namun di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia saat ini, sangat berdampak besar pada penurunan omzet UMKM tak terkecuali di Maluku Utara.

“Saya atas nama pemerintah daerah sangat mengapresiasi setiap langkah Bank Indonesia dalam rangka mendorong penguatan daya tahan UMKM yang ada, khususnya Maluku Utara. “ujar sekda dalam sambutannya.

Samsuddin A. Kadir juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk dapat menyukseskan gerakan bangga menggunakan produk Indonesia dengan membeli dan menggunakan produk-produk lokal Maluku Utara, karena selain menghidupkan UMKM sebagai poros utama perekonomian masyarakat, dengan membeli produk lokal, kita juga turut berkontribusi untuk mempromosikan kekayaan alam dan budaya lewat produk lokal yang digunakan.

“Membeli dan menggunakan produk lokal adalah salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk memulihkan perekonomian bangsa. “lanjut sekda.

Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Maluku Utara, Jeffri D. Putra mengatakan, Bank Indonesia terus bersinergi dengan pemerintah untuk membangun optimisme pemulihan ekonomi nasional melalui pembukaan sektor-sektor ekonomi yang produktif dan aman, akselerasi stimulus fiskal, mendorong penyaluran kredit perbankan baik dari sisi permintaan dan penawaran, melanjutkan stimulus kebijakan moneter dan makroprudensial, serta mengakselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan.

“Sinergi kebijakan juga dikembangkan terkait dengan pemberdayaan UMKM, pengembangan pariwisata, dan pengembangan ekonomi syariah. Ketiga pilar tersebut juga didukung oleh implementasi sistem pembayaran yang cepat, murah, mudah, aman, dan handal. “tutur Jeffri.

Implementasi pembayaran tersebut diterapkan dalam program  Quick Response Indonesian Standard (QRIS) atau standardisasi pembayaran menggunakan metode QR kode dari Bank Indonesia yang telah diluncurkannya bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

Jeffri berharap, pelaksanaan event KKI tahun ini dapat menghasilkan 30 juta UMKM onboarding di tahun 2023, program 12 juta merchant QRIS, meningkatkan belanja pemerintah atas produk-produk UMKM lokal, dan meningkatkan peran pemerintah daerah.

“Maluku Utara memiliki potensi kekayaan alam, budaya, sejarah, dan keindahan alam yang dapat menjadi destinasi wisata dan sektor UMKM dapat mendukung pariwisata tersebut. Untuk itu kami mengajak dan mendorong untuk meningkatkan konsumsi pembelian UMKM di wilayah kita untuk membantu pemulihan ekonomi nasional yang dapat dimulai dari Maluku Utara ini. “tambahnya.

Sekadar diketahui, event KKI ini juga diikuti oleh beberapa UMKM di Malut diantaranya,Kain Tenun Puta Dino Kayangan, Ifamoy, Fala Tanawan, Pakesang, dan Serba Usaha yang sekaligus menggelar pameran UMKM.

Sumber : https://rri.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0
    0
    PESANAN SAYA
    Troli KosongMau Belanja
      Masukkan Voucher